Wednesday, December 30, 2015

The Dragon Next Door

The Dragon Next Door


Genre:  Fiction, Web-cartoon
Penulis: Cho (Jung Sol)
Tebal: 328 halaman
Tahun terbit:  September, 2015
Penerbit: Haru
Sinopsis:

Walaupun hanya bisa menyewa sebuah apartemen sempit, akhirnya kehidupan bebas Choi Woo Hyuk dimulai.

Namun, saat dia berniat membagikan kue tteok pada tetangga sebelahnya, ia melihat seekor naga sedang bermain game.
 Ternyata, tetangga barunya adalah seekor naga!



The Dragon Next Door diawali dengan kepindahan Choi Woo Hyuk ke apartemen barunya yang sempit. Ia benar-benar merasakan kebebasan karena selama 2 tahun belakangan ia bolak-balik ke kampus dan tidak bisa hidup bebas. Ia bekerja sebagai freelance web designer dan programmer.


Di hari kepindahannya, ia ingin memberikan tteok pada tetangganya yang ternyata naga!

*
Namanya adalah Kim Yong. Dia adalah seekor naga yang bisa berubah wujud jadi manusia. Pekerjaannya sendiri sebagai penulis, tapi dia paling sebal kalau disinggung-singgung tentang deadline. Dia adalah naga yang unik nan aneh, hobinya main game (game nya saja dia pinjam Woo Hyuk) dan masih seperti anak kecil padahal usianya sudah ratusan tahun.




Aku sering sekali tertawa dengan tingkah kesehariannya mereka berdua. Kocak dan menghibur, ditambah kemunculan tokoh lainnya seperti kakak Yong, ibu Yong dan lainnya. Ilustrasinya juga imut dan Woo Hyuk dan Yong sebagai manusia (walaupun konyol) di sini digambarkan lumayan cakep.



Isinya cukup tebal dibanding seri webtoon lain yang Haru terbitkan. Gambarnya juga full, tidak sekedar panel-panel kecil jadi puas bacanya. Selain itu, kertasnya tidak terlalu tebal seperti di buku Simple Thinking about Bloodtype. Kelemahan gambar halaman berikutnya jadi menerawang. Tapi tidak apa-apa sih, bukunya yang tebal jadi ringan.


Untuk terjemahannya sendiri, menurutku tidak ada yang lost in translation. Aku bisa memahami jokes nya dengan baik. Dan, lucunya juga tidak hilang walaupun sudah diterjemahkannya.

Yang suka baca webtoon pasti tahu kalau webtoon selalu diupdate tiap hari/minggu di situs Naver (untuk Korea). Karena ini webtoon, aku punya firasat sangat besar pasti akan ada seri selanjutnya. Aku sudah mengeceknya di Naver dan seri The Dragon Next Door ini sudah mencapai chapter cukup banyak. Aku akan sangat menunggu seri ini selanjutnya diterbitkan oleh Haru :)

1 comment: